Apa Saja Sub Kompetensi Dalam
Kompetensi Pedagogik
Selain
mengetahui Kompetensi Pedagogik apa saja yang harus guru kuasai ada beberapa
sub kompetensi yang harus guru pula.
a. Memahami
peserta didik secara mendalam yang meliputi memahami peserta didik dengan memanfaatkan
prinsip – prinsip perkembangan kognitif, prinsip – prinsip kepribadian, dan
mengidentifikasi bekal ajar awal peserta didik.
b. Merancang
pembelajaran, termasuk memahami landasan pendidikan untuk kepentingan
pembelajaran yang meliputi memahami landasan pendidikan, menerapkan teori
belajar dan pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran berdasarkan
karakteristik peserta didik, kompetensi yang ingin dicapai, dan materi ajar,
serta menyusun rancangan pembelajaran berdasarkan strategi yang dipilih.
c. Melaksanakan
pembelajaran yang meliputi menata latar (setting) pembelajaran dan melaksanakan
pembelajaran yang efektif.
d. Merancang melaksanakan evaluasi pembelajaran yang
meliputi merancang dan melaksanakan evaluasi (asesment) proses dan hasil
belajar secara berkesinambungan dengan berbagai metode, menganalisis hasil
evaluasi proses dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan belajar
(mastery level), dan memanfaatkan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan
kualitas program pembelajaran secara umum.
e. Mengembangkan
peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensinya meliputi
memfasilitasi peserta didik untuk pengembangan berbagai potensi akademik, dan
memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan berbagai potensi nonakademik.
Kompetensi Menyusun Rencana
Pembelajaran menurut Jomi (1984: 12) adalah
kemampuan merencanaka program belajar mengajar, mencakup kemampuan:
a. Merencanakan
pengorganisasian bahan – bahan pengajaran;
b. Merencanakan
pengelolaan kegiatan belajar mengajar;
c. Merencanakan
pengelolaan kelas;
d. Merencanakan
penggunaan media, dan sumber pengajaran; dan
e. Merencanakan
penilaian prestasi siswa untuk kepentingan pengajaran.
Dari
berbagai Sub Kompetensi dan Kompeteni
Menyusun Rencana Pembelajaran menurut Jomi (1984: 12) dapat di simpulkan bahwa
betapa pentingnya persiapan guru sebelum proses pembelajaran berlangsung baik
dari segi strategi, media, metode dan sebagainya agar interaksi anatara guru
dengan siswa berjalan secara efektif dan sesuai dengan apa yang kita harapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar