Senin, 02 Januari 2017

Apa Saja Sub Kompetensi Dalam Kompetensi Pedagogik
Selain mengetahui Kompetensi Pedagogik apa saja yang harus guru kuasai ada beberapa sub kompetensi yang harus guru pula.
a.    Memahami peserta didik secara mendalam yang meliputi memahami peserta didik dengan memanfaatkan prinsip – prinsip perkembangan kognitif, prinsip – prinsip kepribadian, dan mengidentifikasi bekal ajar awal peserta didik.
b.   Merancang pembelajaran, termasuk memahami landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran yang meliputi memahami landasan pendidikan, menerapkan teori belajar dan pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik, kompetensi yang ingin dicapai, dan materi ajar, serta menyusun rancangan pembelajaran berdasarkan strategi yang dipilih.
c.    Melaksanakan pembelajaran yang meliputi menata latar (setting) pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran yang efektif.
d.   Merancang  melaksanakan evaluasi pembelajaran yang meliputi merancang dan melaksanakan evaluasi (asesment) proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan berbagai metode, menganalisis hasil evaluasi proses dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan belajar (mastery level), dan memanfaatkan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas program pembelajaran secara umum.
e.    Mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensinya meliputi memfasilitasi peserta didik untuk pengembangan berbagai potensi akademik, dan memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan berbagai potensi nonakademik.
           Kompetensi Menyusun Rencana Pembelajaran menurut Jomi (1984: 12) adalah      kemampuan merencanaka program belajar mengajar, mencakup kemampuan:
a.    Merencanakan pengorganisasian bahan – bahan pengajaran;
b.   Merencanakan pengelolaan kegiatan belajar mengajar;
c.    Merencanakan pengelolaan kelas;
d.   Merencanakan penggunaan media, dan sumber pengajaran; dan
e.    Merencanakan penilaian prestasi siswa untuk kepentingan pengajaran.
Dari berbagai Sub Kompetensi  dan Kompeteni Menyusun Rencana Pembelajaran menurut Jomi (1984: 12) dapat di simpulkan bahwa betapa pentingnya persiapan guru sebelum proses pembelajaran berlangsung baik dari segi strategi, media, metode dan sebagainya agar interaksi anatara guru dengan siswa berjalan secara efektif dan sesuai dengan apa yang kita harapkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar