Selasa, 03 Januari 2017


Konsep Diri dan Harga Diri
Konsep diri adalah bagaimana cara pandang individu dalam menghadapi pembelajaran disekolah. Dengan hal itu maka konsep diri sangat mempengaruhi dalam evaluasi hasil belajar. Para ahli pun berbeda pendapat dalam menetapkan dimensi-dimensi konsep diri. Namun, secara umum para ahli menyebutkan 3 dimensi diri, meskipun menggunakan istilah yang berbeda. Calhoun dan Acocella (1990), misalnya, menyebutkan 3 dimensi utama dari konsep diri berikut ini:
a.       Pengetahuan
Dimensi pengetahuan (kognitif) dari konsep diri mencangkup segala sesuatu yang kita pikirkan tentang diri kita sebagai pribadi.
b.      Harapan
Harapan atau cita-cita juga akan membangkitkan kekuatan yang mendorong kita menuju masa depan dan akan membantu aktivitas kita dalam perjalanan hidup kita.
c.       Penilaian
dimensi ketiga konsep diri adalah peneilaian kita terhadap diri sendiri.
Konsep Diri dalam Prestasi Belajar
Sejumlah ahli psikologi dan pendidikan berkeyakinan bahwa konsep diri dan prestasi belajar mempunyai hubungan yang erat. Walsh (1982), juga menunjukan bahwa siswa-siswi mempunyai konsep yang negative, serta memperlihatkan beberapa karakterisktik kepribadian, 1) mempunyai perasaan dikritik, ditolak dan di isolir, 2) melakukan mekanisme pertahanan diri dengan menghindar, 3) tidak mampu mengekspresikan perasaan dan perilakunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar