Konsep
Diri dan Harga Diri
Konsep
diri adalah bagaimana cara pandang individu dalam menghadapi pembelajaran
disekolah. Dengan hal itu maka konsep diri sangat mempengaruhi dalam evaluasi
hasil belajar. Para ahli pun berbeda pendapat dalam menetapkan dimensi-dimensi
konsep diri. Namun, secara umum para ahli menyebutkan 3 dimensi diri, meskipun
menggunakan istilah yang berbeda. Calhoun dan Acocella (1990), misalnya,
menyebutkan 3 dimensi utama dari konsep diri berikut ini:
a. Pengetahuan
Dimensi pengetahuan
(kognitif) dari konsep diri mencangkup segala sesuatu yang kita pikirkan
tentang diri kita sebagai pribadi.
b. Harapan
Harapan atau cita-cita
juga akan membangkitkan kekuatan yang mendorong kita menuju masa depan dan akan
membantu aktivitas kita dalam perjalanan hidup kita.
c. Penilaian
dimensi ketiga konsep diri adalah
peneilaian kita terhadap diri sendiri.
Konsep
Diri dalam Prestasi Belajar
Sejumlah
ahli psikologi dan pendidikan berkeyakinan bahwa konsep diri dan prestasi
belajar mempunyai hubungan yang erat. Walsh (1982), juga menunjukan bahwa
siswa-siswi mempunyai konsep yang negative, serta memperlihatkan beberapa
karakterisktik kepribadian, 1) mempunyai perasaan dikritik, ditolak dan di
isolir, 2) melakukan mekanisme pertahanan diri dengan menghindar, 3) tidak mampu
mengekspresikan perasaan dan perilakunya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar