Model
Pengembangan Instruksioanl
Pengembangan
instruksional adalah cara
yang
sistematis dalam mengidentifikasi,mengambangkan dan mengevaluasi seperangkat materi dan strategi yang
diarahkan untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (Twelker, 1972). Hasil akhir
dari pengembangan instruksional ini adalah sistem instruksional yakni materi
dan strategi belajar mengajar yang dikembangkan secara empiris yang secara
konsisten telah dapat mencapai tujuan instruksional tertentu. Dalam
pengembangan instruksional ini, terdapat beberapa langkah di dalamnya yakni
meliputi perencanaan, pengembangan dan evaluasi terhadap sistem instruksional
yang sedang dikembangkan tersebut sehingga setelah mengalami beberapa kali
revisi, sisteminstruksional tersebut dapat memuaskan hati pengembangnya. Dalam
kesimpulan kahir dinyatakan bahwa yang dimaksud dengan pengembangan
instruksional itu sesungguhnya adalah teknik pengelolaan dalam mencari
pemecahan masalah-masalah instruksional atau setidaknya dalam mengoptimalkan
pemanfaatan sumber belajar yang ada untuk memperbaiki pendidikan.
Model-model
pengembangan instruksional cukupbanyak macamnya, di antaranya yakni model
pengembangan instruksional briggs, model banathy, model PPSI (Prosedur
Pengembangan Sistem Instruksional),
Model Kemp, Model Gerlach dan Ely , Model IDI (Instructional
Development Institute) . Pada model-
model tersebut terdapat persamaan dan perbedaa, yang di antara perbedaannya
adalah terletak pada istilah yang dipakai, urutan da kelengkapan langkahnya.
Sedangkan
persamaannya adalah dapat dilihat dari setiap model yang mengandung kegiatan
yang dapat digolongkan menjadi 3 kategori kegiatan pokok yakni :
1. kegiatan
yang dapat membantu
menentukan masalah pendidikan dan mengorganisasi alat untuk memecahkan masalah
tersebut
2. kegiatan
yang membantu menganalisis dan mengembangkan pemecahan masalah
3. kegiatan
yang melayani keperluan evaluasi pemecahan masalah tersebut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar