Senin, 02 Januari 2017

Apa saja yah yang menjadi Implikasi Pertumbuhan atau kematangan peserta didik
Seperti yang kita ketahui  pertumbuhan dan perkembangan merupakan hal yang sudah tidak asing lagi untuk didengar karena itu merupakan faktor yang akan terjadi bagi seluruh manusia, semua makhluk hidup akan merasakannya. Namun pasti ada beberapa implikasi yang berdampak terhadap penyelenggaraan pendidikan khususnya bagi peserta didik.  Beberapa Implikasi pertumbuhan dan perkembangan atau kematangan peserta didik terhadap penyelenggaraan pendidikan.
·         Pertumbuhan dan perkembangan manusia sejak lahir berlangsung dalam lingkungan sosial yang meliputi semua manusia yang berada dalam lingkungan hidup itu.
·         Interaksi manusia dengan lingkungannya sejak lahir menghendaki penguasaan lingkungan maupun penyesuaian diri pada lingkungan.
·         Dalam interaksi sosial, manusia sejak lahir telah menjadi anggota kelompok sosial yang dalam hal ini ialah keluarga.
·         Atas dasar keterikatan dan kewajiban sosial para pendidik, terutama orang tua, maka anak senantiasa berusaha menciptakan lingkungan fisik, lingkungan sosial, serta lingkungan psikis yang sebaik – baiknya bagi proses pertumbuhan dan perkembangannya. Setelah umur kronologis mencapai lingkungan tertentu, anak telah mencapai berbagai tingkat kematangan intelektual, sosial, emosional, serta kemampuan jasmani yang lain. 
·         Kematangan sosial merupakan kiasan bagi kematangan intelektual, karena perkembangan kecerdasan berlangsung dalam lingkungan tersebut.
·         Kematangan emosional meliputi kematangan sosial dan kematangan intelektual, karena sebagian besar tingkah laku manusia dikuasai atau ditentukan oleh kondisi perasaannya.
·         Kematangan jasmani merupakan dasar yang meliputi semua kematangan.
·         Pendidik yang berkecimbung dalam pengasuhan anak dalam perkembangan di masa kanak – kanak hendaklah memperhatikan keterkaitan antara berbagai segi kematangan jasmani dan rohani anak dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif.
·         Hasil – hasil belajar yang mendasari hidup bermasyarakat banyak di capai oleh anak dalam keluarga, terutama semasa masih kanak- kanak, yaitu sikap dan pola tingkah laku terhadap diri sendiri dan terhadap orang lain.
·         Iklim emosional yang menjiwai keluarga itu meliputi : hubungan emosional antara keluarga, kadar kebebasan menyatakan diri, dan tanggung jawab daalm pengambilan keputusan.
·         Seorang anak dimana anak sekolah adalah seorang realis yang hendak mengenal kenyataan di sekitarnya menurut keadaan senyatanya atau objektif apa adanya.
·         Pada umumnya anak masa sekolah dan masa remaja mengalami pertumbuhan jasmanai yang semakin kuat dan sehat. Sedangkan daalm segi rohani, ia mengalami perkembangan pengetahuan dan kemampuan berpikir yang pesat pula karena ditunjang oleh hasrat belajar yang sehat serta ingatan yang kuat.
·         Pemahaman guru terhadap minat dan perhatian peserta didik akan sangat bermanfaat dalam perencanaan program – program pendidikan maupun pengajaran.
·         Karakteristik  umum pertumbuhan/ perkembangan peserta didik ialah diikuti dengan kegelisahan, pertentangan, keinginan mencoba, segala sesuatu, menghayal dan aktivitas berkelompok.
           Dari berbagai implikasi diatas tentunya kita pasti menemukan semua itu di masing – masing peserta didik. Karena tidak semua peserta memilki karakteristik sama. Sebagai seorang guru harus bisa mempersiapkan bagaimana caranya mengatasi berbagai implikasi yang ada pada peserta didik. Maka dari itu guru disini bukan hanya sekedar mengajar tetapi juga memberikan bimbingan kepada peserta didiknya agar anak akan lebih terarah ke arah yang lebih baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar