Senin, 02 Januari 2017

MANFAAT MEMPELAJARI FILSAFAT
 Berfilsafat ialah berusaha menemukan kebenaran tentang segala sesuatu dengan menggunakan pemikiran secara serius. Plato menghendaki kepala negara seharusnya filosuf. Belajar filsafat merupakan salah satu bentuk latihan untuk memperoleh kemampuan memecahkan masalah secara serius, menemukan akar persoalan yang terdalam, menemukan sebab terakhir satu penampakkan. Belajar filsfat akan melatih kita untuk lebih berpikir kirtis, dan tentunya terdapat banyak manfaat
Manfaat mempelajari filsafat ada bermacam-macam. Namun sekurang- kurangnya ada 4 faedah, yaitu :
1.      Agar terlatih berpikir serius
2.      Agar mampu memahami filsafat
3.      Agar mungkin menjadi filsafat
4.      Agar menjadi warga negara yang baik
Dengan uraian diatas jelaslah bagi kita bahwa secara kongkrit manfaat mempelajari filsafat adalah :
1.      Filsafat menolong mendidik,
2.      Filsafat memberikan kebiasaan dan kepandaian untuk melihat dan memecahkan persoalan-persoalan dalam hidup sehari-hari.
3.      Filsafat memberikan pandangan yang luas
4.      Filsafat merupakan latihan untuk berpikir sendiri
5.      Filsafat memberikan dasar,-dasar, baik untuk hidup kita sendiri (terutama dalam etika) maupun untuk ilmu-ilmu pengetahuan dan lainnya, seperti sosiologi, Ilmu jiwa, ilmu mendidik, dan sebagainya.
Didalam kehidupan sehari – hari pun kita akan mendapatkan manfaat dari belajar berfilsafat apa saja manfaatnya :
  1. Filsafat akan mengajarkan kita untuk melihat segala sesuatu tidak hanya dari sesuatu yang terlihat dari mata saja. Tetapi juga jauh lebih luas artinya secara multidimensi.
  2. Mengajarkan kita untuk lebih kritis terhadap fenomena yang berkembang. Artinya kita tidak begitu saja menerima segal sesuatu tanpa terlebih dahulu mengetahui maksud dari pemberian yang kita terima.
  3. Dapat membantu kita dalam melakukan penalaran. Penalaran ini aka membedakan argument, menyampaikan pendapat baik lisan maupun tertulis.
  4. Filsafat akan mebuka cakrawala berpikiran yang baru. Ide – ide yang lebih kreatif dalam memecahkan setiap persoalan, lewat penalaran secara logis.
  5. Dapat membantu kita untuk berpikir dengan lebih rasioanal.
  6. Memiliki pandangan yang luas. Dapat mengurangi sifat egoisme dan egosentrisme.
  7. Mengajarkan kita tentang etika dan moral. Pemebelajaran moral dan etika ini dapat diimplementasikan secara langsung dalam kehidupan.
  8. Dapat menjaga keharmonisan hidup ditengah perbedaan pandangan atau pluralitas.
Dari berbagai manfaat diatas masih banyak lagi manfaat yang dapat kita rasakan  dengan belajar berfilsafat. Meskipun banyak dampak negative dari belajar berfilsafat tetapi jika kita melihat dari sudut pandang manfaatnya ternyat banyak manfaat yang dapat kita ambil setelah belajar berfilsafat apalagi di masa – masa mencari jati diri. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar