Apa
sih Kompetensi dan Teknik Penilaian yang ada pada Kurikulum 2013
Ada
beberapa komptensi yang dijelaskan menurut (KEMENDIKBUD 2016:5) Kompetensi dan
teknik penilaian dalam kurikulum 2013 mencakup sikap spiritual, sikap sosial,
pengetahuan dan keterampilan.
a.
Penilaian Sikap Spiritual (KI 1):
Ketaatan beribadah, berprilaku syukur, berdoa sebelum dan sesudah melakukan
kegiatan, dan toleransi dalam beribadah.
b.
Penilaian Sikap Sosial (KI 2): Jujur, yaitu perilaku yang didasarkan
pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam
perkataan, tindakan, dan pekerjaan; disiplin,
yaitu tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai
ketentuan dan peraturan; tanggung jawab,
yaitu sikap dan perilaku pesera didik untuk melaksanakan tugas dan
kewajibannya, yang seharusnya dilakukan terhadap diri sendiri, masyarakat,
lingkungan, negara dan Tuhan Yang Maha Esa; santun, yaitu perilaku hormat kepada orang lain dengan bahasa yang
baik; peduli, yaitu sikap dan
tindakan yang selalu ingin memberi bantuan kepada orang lain atau masyarakat
yang membutuhkan; dan percaya diri, yaitu
suatu keyakinan atas kemampuannya sendiri untuk melakukan kegiatan atau
tindakan. Sikap sosial tersebut dapat ditambah oleh satuan pendidikan sesuai
kebutuhan.
c.
Penilaian Pengetahuan (KI 3): Dilakukan
dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup pengetahuan
faktual, konseptual dan prosedural dalam berbagai tingkatan proses berpikir.
Teknik penilaian pengetahuan menggunakan tes tulis, tes lisan dan penugasan
yang berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi kesulitan belajar, penilaian
sebagai proses pembelajaran, dan penilaian sebagai alat untuk mengukur
pencapaian dalam proses pembelajaran.
d.
Penilaian keterampilan (KI4): Dilakukan
dengan mengidentifikasi karakteristik kompetensi dasar aspek keterampilan untuk
menentukan teknik penilaian yang sesuai. Tidak semua kompetensi dasar dapat
diukur dengan penilaian kinerja, penilaian proyek atau portofolio. Penentuan
karakteristik didasarkan pada karakteristik kompetensi yang hendak diukur.
Misalnya penilaian kinerja yaitu: menilai kemampuan siswa dalam menggunakan
alat musik atau bermain peran. Penilaian proyek: kemampuan siswa dalam
menggolongkan, merelevansi, keaslian produk tersebut, dan inovasinya.
Setelah memahami
berbagai kompetensi dan teknik penilaian yang ada dalam kurikulum 2013 semoga
untuk seorang guru dapat mengembangakn potensi anak melalui komptensi –
kompetensi yang ada dalam kurikulum 2013 ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar