Senin, 02 Januari 2017

Apa sih Kompetensi dan Teknik Penilaian yang ada pada Kurikulum 2013
Ada beberapa komptensi yang dijelaskan menurut (KEMENDIKBUD 2016:5) Kompetensi dan teknik penilaian dalam kurikulum 2013 mencakup sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan.
a.    Penilaian Sikap Spiritual (KI 1): Ketaatan beribadah, berprilaku syukur, berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, dan toleransi dalam beribadah.
b.    Penilaian Sikap Sosial (KI 2): Jujur, yaitu perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan; disiplin, yaitu tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan; tanggung jawab, yaitu sikap dan perilaku pesera didik untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dilakukan terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan, negara dan Tuhan Yang Maha Esa; santun, yaitu perilaku hormat kepada orang lain dengan bahasa yang baik; peduli, yaitu sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan kepada orang lain atau masyarakat yang membutuhkan; dan percaya diri, yaitu suatu keyakinan atas kemampuannya sendiri untuk melakukan kegiatan atau tindakan. Sikap sosial tersebut dapat ditambah oleh satuan pendidikan sesuai kebutuhan.
c.    Penilaian Pengetahuan (KI 3): Dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural dalam berbagai tingkatan proses berpikir. Teknik penilaian pengetahuan menggunakan tes tulis, tes lisan dan penugasan yang berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi kesulitan belajar, penilaian sebagai proses pembelajaran, dan penilaian sebagai alat untuk mengukur pencapaian dalam proses pembelajaran.
d.   Penilaian keterampilan (KI4): Dilakukan dengan mengidentifikasi karakteristik kompetensi dasar aspek keterampilan untuk menentukan teknik penilaian yang sesuai. Tidak semua kompetensi dasar dapat diukur dengan penilaian kinerja, penilaian proyek atau portofolio. Penentuan karakteristik didasarkan pada karakteristik kompetensi yang hendak diukur. Misalnya penilaian kinerja yaitu: menilai kemampuan siswa dalam menggunakan alat musik atau bermain peran. Penilaian proyek: kemampuan siswa dalam menggolongkan, merelevansi, keaslian produk tersebut, dan inovasinya.
   Setelah memahami berbagai kompetensi dan teknik penilaian yang ada dalam kurikulum 2013 semoga untuk seorang guru dapat mengembangakn potensi anak melalui komptensi – kompetensi yang ada dalam kurikulum 2013 ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar