Minggu, 01 Januari 2017


Seberapa Pentingkah Air Bagi Kita
Sudah diketahui secara umum bahwa tubuh kita berisi sekitar 55 – 65 persen air. Di bagian tubuh mana saja konsentrasi air banyak ditemukan? Otak, sebagai contoh, memiliki komposisi air sekitar 70%, darah sekitar 82 %, dan paru-paru sekitar 90%. Mengapa air mendominasi komposisi tubuh kita? Karena air berperan penting di dalam semua sel tubuh. Sel adalah semacam “kantong” kecil berisi air dengan sedikit protein di dalamnya. Peran air berlaku bagi semua jenis sel, dari sel kulit hingga sel otot. Airlah yang memungkinkan semua nutrisi dan protein didistribusikan secara bebas ke seluruh tubuh.
Dengan fakta di atas, dapat disimpulkan secara sederhana bahwa air adalah cairan terpenting dan kehadirannya sangat diperlukan oleh tubuh. Sayangnya, saat haus, kita cenderung memilih minuman yang belum jelas manfaatnya, baik untuk tubuh maupun dalam upaya mengatasi rasa haus itu sendiri.
Poin Konten
Apa Fungsi Air Bagi Tubuh?
Selain peran pokok di atas, air memiliki banyak peran lain, di antaranya adalah:
  1. Sebagai pelumas tubuh
  2. Dasar dari berbagai jenis cairan dalam tubuh, seperti: air mata, keringat, darah, air liur, serta beberapa jenis cairan dan enzim lainnya
  3. Membantu mengatur suhu tubuh melalui perspirasi (keringat), yang juga berfungsi membersihkan kotoran dan racun
  4. Membantu melarutkan makanan sehingga meningkatkan penyerapan nutrisi
  5. Membantu “membersihkan” sistem tubuh dari racun dan limbah melalui pembuangan urin
  6. Membantu mengencerkan darah sehingga mencegah tekanan darah tinggi dan mendorong kesehatan jantung
  7. Membantu mengatur metabolisme yang sehat
  8. Membantu proses pencernaan dan mencegah sembelit
  9. Melembabkan kulit dan rambut
  10. Memberikan daya apung (buoyancy) dan elastisitas di antara otot dan lapisan atas kulit.
  11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu memerangi penyakit
Beberapa fungsi di atas seharusnya sudah bisa menjadi pengingat betapa pentingnya air bagi tubuh. Konsumsi air mineral menjadi jauh lebih utama dibandingkan konsumsi jenis minuman lainnya. Faktanya, ada penelitian menyebutkan bahwa seseorang bisa bertahan 60 hari tanpa makan, tapi tidak ada yang mampu bertahan hidup tanpa minum air lebih dari 10 hari saja!
Berapa Banyak Air yang Harus Dikonsumsi per Hari?
Anjuran untuk minum setidaknya 8 gelas perhari. Tapi kondisi seseorang, aktivitas dan polamakan tidak sama. Semakin tinggi tingkat aktivitas seseorang, semakin tinggi asupan air yang dibutuhkan tentu juga berlaku sebaliknya. Kondisi lain, apabila seseorang rutin mengkonsumsi buah – buahan dan sayuran segar, kebutuhan air tambahan cenderung lebih sedikit sebab bua – buahan dan sayuran segar memilki presentase kandungan yang cukup tinggi. Kebanyakan sayuran dan buah – buahan mengandung 75 % air. Sayuran berdaun dan buah buahan lembut bahkan bisa memilki presentase hingga 95%. Satu lagi kadar lemak juga mempengaruhi kandungan air di dalam tubuh. Semakin banyak lemak, semakin sedikit air. Selain itu banyak indicator lain seperti temperature, usia, kondisi kesehatan dan lain – lain.
Melihat betapa pentingnya air bagi tubuh kita maka kita seharusnya dapat menjaga kesehatan tubuh kita terutama mengkonsumsi air dengan secukupnya karena air merupakan komponen terpenting bagi tubuh manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar