Minggu, 01 Januari 2017


Apa Saja Yang Menjadi Fungsi Keluarga
Seperti yang kita tahu keluaraga merupakan komponen terpenting dan  yang paling utama dalam kehidupan . Karena semenjak kkta Lahir keluarga lah yang paling utama berada di dekat kita bersama kita selalu ada dalam senang ataupun sedih. Ada beberapa fungsi keluarga bagi kehidupan diantaranya:
  1. Persekutuan primer,
Yaitu relasi antara anggota keluarga yang bersifat mendasar dan eksklusif karena faktor ikatan biologis, ikatan hukum dan karena adanya kebersamaan dalam mempertahankan hidup. nSebagai kelompok primer, keluarga berperan menciptakan persahabatan, kecintaan, rasa aman, dan hubungan interpersonal yang bersifat kontinu. Semua ini merupakan fondasi perkembangan kepribadian anak. Sangat tidak mungkin anak dapat bersahabat dengan orang lain yang bukan anggota keluarganya, apabila ia tidak mendapat pendidikan dalam keluarga tentang persahabatan. Demikian pula apabila kepada anak tidak ditanamkan rasa aman ke dalam diri anak, ia cenderung berinteraksi penuh kecurigaan terhadap orang yang bukan anggota keluarganya. Hubungan antar pribadi yang continue juga perlu diajarkan kepada anak supaya ia mampu menjaga relasi interpersonalnya dengan orang-orang di luar keluarga yang ditemuinya.
  1. Sumber Kasih Sayang (affection)
Atas dasar ikatan biologis atau hukum secara bertanggung jawab. Umumnya, sebuah keluarga terbentuk karena jalinan cinta kasih antara ayah dan ibu. Kenyataan ini sudah lebih dari cukup untuk menyatakan bahwa keluarga merupakan sumber kasih sayang. Maksud saya, di dalam keluargalah seorang anak merasakan kasih sayang dan belajar bagaimana mengekspresikan/ menyatakan perasaan cinta kasih kepada orang lain, bahkan bagaimana mencitai orang lain. Apabila keluarga gagal menjadi sumber kasih sayang, anak pun akan mengalami kegagalan dalam hal mengasihi orang lain. Namun sebaliknya, apabila keluarga mampu memenuhi kebutuhan anak akan kasih, anak tak akan mencari kasih sayang di luar rumah yang bisa saja berpotensi menjerumuskan dirinya ke hal-hal yang tidak diinginkan. Disamping itu, anak juga mampu menyayangi orang lain dengan cinta kasih yang diperolehnya dalam keluarga.
  1. Institusi Pembentukan Anutan, Keyakinan, Agama, Nilai-Nilai Budaya dan Moralitas
Tak bisa dipungkiri, keluarga merupakan institusi pertama yang hampir seluruh pergerakannya ditiru oleh anak. Memang, pada dasarnya, keluarga merupakan sumber panutan bagi anak. Dari keluargalah anak belajar tentang keyakinan, agama, nilai-nilai budaya dan moralitas.


  1. Wadah pemenuhan kebutuhan
Baik materil maupun spiritual. Institusi yang paling bertanggung jawab terhadap kebutuhan jasmani dan rohani anak bukanlah institusi pemerintahan, bukan pula institusi swasta, melainkan institusi keluarga. Itu sebabnya, apabila ada anak yang kebutuhannya tidak tercukupi, maka pihak yang paling bertanggung jawab terhadap situasi demikian adalah keluarga. Tentu ada pengecualian terhadap situasi-situasi tertentu.
  1. Lembaga partisipasi
Dari kelompok masyarakat (interaksi sosial). Sebenarnya, cara termudah untuk mengetahui tinggi atau rendahnya partisipasi seseorang dalam masyarakat adalah dengan menelusuri partisipasinya dalam keluarganya sendiri.
Melihat beberapa fungsi diatas Begitu pentingnya fungsi Keluarga Bagi Anak maka peran Ayah dan Ibu sebagai orang tua seharusnya dapat menjalankan fungsi dan tugasnya sebagai orang tua sebagai rasa tanggung jawab terhadap anaknya. Agar ketika anak sudah memasuki usia remaja dapat menjalankan tugas nya sebagai warga Negara Indonesia dan makhluk  ciptaan Allah SWT. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar