Senin, 02 Januari 2017


Kebutuhan Peserta Didik
           Teori kebutuhan kebutuhan manusia  menurut maslow konsep hireaki kebutuhan dasar ini melakukan observasi terhadap perilaku  monyet. Berdasrakan pengamatnnya didapatkan kesimpulan bahwa beberapa kebutuhan lebih diutamakan dibandingkan dengan kebutuhan yang lain.
Terdapat lima tingkat kebutuhan dasar, yaitu:
·      kebutuhan fisiologis,
·     kebutuhan akan rasa aman,
·     kebutuhan akan rasa 
·         memilki dan kasih sayang,
·         kebutuhan akan penghargaan dan
·         kebutuhan akan aktualisasi diri.
Maslow memberi hipotesis bahwa setelah individu memuaskan kebutuhan pada ingkat yang paling bawah, individu akan memuaskan kebutuhan pada tingkat yang berikutnya.
1.       Kebutuhan Fisiologis
              Kebutuhan paling dasar pada setia orang adalah kebutuhan fisiologis, yaitu kebutuhan untuk mempertanhan hidupnya secara fisik. Kebutuhan –kebutuhan itu sepeti kebutuhan akan makanan, minuman, tempat berteduh, seks tidur dan oksigen. Kebutuhan – kebutuhan fisiologi adalah potensi paling dasar dan besra bagi semua pemenuhan kebutuhan diatasnya.
2.   Kebutuhan Akan Rasa Aman
            Kebutuhan – kebutuhan akan rasa aman ini diantaranya adalah rasa aman fsisik, stabilitas, ketergantungan, perlindungan dan kebebasan dari day – daya mengancam, speryi perang, terorisme, penyakit, taku, cemas, bahaya,  kerusuhan  dan bencana alam.
3.   Kebutuhan Dicintai dan Disayangi
            Kebutuhan- kebutuhan ini meliputi dorongan untuk bersahabat, keinginan memiliki pasangan dan keturunan, kebutuhan untuk dekat pada keluarga dan kebutuhan pribadi seperti kebutuhan untuk meberi dan menerima cinta. Seseorang yang kebutuhan cintanya sudah relative terpenuhi sejak kanak – kanak tidak akan mersa panic saat menolak cinta. Ia akan memilki keyakinan besar bahwa dirinya akan diterima oleh orang – orang yang memang penting bagi dirinya.
4.   Kebutuhan Akan Penghargaan
            Maslow menemukan bahwa setiap orang orang memilki 2 kategori mengenai kebutuhan penghargaan, yaitu kebutuhan yang lebih rendah dan lebih tinggi. Kebutuhan rendah adalah kebutuhan untuk menghormati orang lain, kebutuhan akn status, ketenaran, kemuliaan, pengakuan dan sebagainya. Kebutuhan yang tinggi adalah kebutuhan akan harga diri, termasuk perasaan, keyakinan, kompetensi, prestasi da sebagainya.
5.   Kebutuhan Akan aAktualisasi Diri
            Kebutuhan aktualisasi diri adalah kebutuhan yang tidak melibatkan keseimbangan, tetapi melibatkan keinginan yang terus menerus untuk memenuhi potensi. Maslow melukiskan kebutuhan ini sebagai hasrat untuk semakin menjadi diri sepenuh kemampuannya sendiri, menjadi apa saja menurut kemampuannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar