Senin, 02 Januari 2017

Keteladanan Seorang Guru

Keteladanan adalah teknik pendidikan yang paling baik,oleh karena itu mendasarkan pendidikan, seorang anak harus memperoleh teladan dari keluarga dan orang tuanya agar ia semenjak kecil sudah menerima norma-norma Islam dan berjalan berdasarkan konsepsi yang tinggi itu. Manusia harus memperoleh suri tauladan dari dalam masyarakat untuk membina mereka dengan sifat dan adat istiadat yang dikehendaki Islam.
Menurut DN. Madley (1979) “Salah satu yang melandasi keberhasilan guru dan pendidikan guru adalah penelitian berfokus pada sifat-sifat kepribadian guru. Kepribadian guru yang dapat menjadi suri teladanlah yang menjamin keberhasilannya mendidik anak utamanya yang patut untuk ditiru peserta didik khususnya dalam nilai-nilai agamis”.
Pendidikan Agama Islam memegang peran sentral karena memproses manusia untuk memiliki keseimbangan religius–spirit dengan profran–materi. Islam sangat memperhatikan pendidikan dan menganjurkan kepada para pendidikan untuk betul-betul mendidik peserta didik secara baik

Menjadi guru teladan merupakan suatu proses pembelajaran seorang guru untuk mendapatkan kesempurnaan dan keridhaan Allah SWT dalam ilmu yang di miliki. Islam menganjurkan kepada para pendidik agar membiasakan peserta didik dengan etika dan akhlak Islam.Sebaiknya seorang pendidik banyak belajar tentang hakekat dan makna mendidik, baik dari Al-Qur’an maupun sunnah Rasulullah SAW.
Al-Maghribi bin as-said al-maghribi dalam buku, begini seharusnya mendidik anak, mengemukakan kriteria-kriteria seorang pendidik teladan menurut Al-Qur’an dan sunnah Rasulullah SAW adalah sebagai berikut;

1) Pemaaf dan tenang
2) Lemah lembut dan menjauhi sifat kasar dalam bermuamalah
3) Berhati penyayang
4) Ketaqwaan
5) Selalu berdo’a untuk anak

6) Lemah lembut dalam bermuamalah dengan anak
7) Menjauhi sikap marah
8) Bersikap adil dan tidak pilih kasih
           
            Mohammad Surya dalam buku Percikan Perjauangan Guru, mengemukakan : “ pada umumnya siswa sangat mengidamkan gurunya memilki sifat – sifat yang ideal sebagai sumber keteladanan, bersikap ramah dan penuh kasih sayang, penyabar, mengussai materi ajar, mampu mengajar dengan suasan menyenangkan dsb.

Maman Faturrohman dalam buku Al-qur’an pendidikan dan pengajaran. Mengemukakan kondisi ideal pendidik dan pengajar, antara lain :
a)      Telah mendapat pendidikan atau pengajaran. Seorang pendidik dan pengajar idealnya adalah seorang yang telah mendapat pendidikan atau pengajaran sebelum menjadi guru.
b)      Benar-benar menguasai ilmu. Seorang pendidik dan pengajar, idealnya adalah seorang yang benar-benar menguasai ilmu, khususnya ilmu yang akan disampaikan kepada peserta didik. Sudah benar-benar menjiwai ilmu tersebut dan kebenaran ilmu teruji, termasuk oleh orang-orang di sekitar pendidik.

Dari berbagai pendapat Ilmuwan Islam diatas dapat disimpulkan bahwa untuk menjadi guru yang teladan harus memiliki beberapa aspek keteladanan agar nantinya anak didik nya pun dapat mengikuti keteladanan seorang gurunya tentunya keteladanan yang bernilai positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar