Keteladanan Seorang Guru
Keteladanan adalah
teknik pendidikan yang paling baik,oleh karena itu mendasarkan pendidikan,
seorang anak harus memperoleh teladan dari keluarga dan orang tuanya agar ia
semenjak kecil sudah menerima norma-norma Islam dan berjalan berdasarkan
konsepsi yang tinggi itu. Manusia harus memperoleh suri tauladan dari dalam
masyarakat untuk membina mereka dengan sifat dan adat istiadat yang dikehendaki
Islam.
Menurut DN. Madley (1979) “Salah satu
yang melandasi keberhasilan guru dan pendidikan guru adalah penelitian berfokus
pada sifat-sifat kepribadian guru. Kepribadian guru yang dapat menjadi suri
teladanlah yang menjamin keberhasilannya mendidik anak utamanya yang patut
untuk ditiru peserta didik khususnya dalam nilai-nilai agamis”.
Pendidikan Agama Islam memegang peran
sentral karena memproses manusia untuk memiliki keseimbangan religius–spirit
dengan profran–materi. Islam sangat memperhatikan pendidikan dan menganjurkan
kepada para pendidikan untuk betul-betul mendidik peserta didik secara baik
Menjadi guru teladan merupakan suatu
proses pembelajaran seorang guru untuk mendapatkan kesempurnaan dan keridhaan
Allah SWT dalam ilmu yang di miliki. Islam menganjurkan kepada para pendidik
agar membiasakan peserta didik dengan etika dan akhlak Islam.Sebaiknya seorang
pendidik banyak belajar tentang hakekat dan makna mendidik, baik dari Al-Qur’an
maupun sunnah Rasulullah SAW.
Al-Maghribi bin as-said al-maghribi
dalam buku, begini seharusnya mendidik anak, mengemukakan kriteria-kriteria seorang
pendidik teladan menurut Al-Qur’an dan sunnah Rasulullah SAW adalah sebagai
berikut;
1) Pemaaf dan tenang
2) Lemah lembut dan menjauhi sifat
kasar dalam bermuamalah
3) Berhati penyayang
4) Ketaqwaan
5) Selalu berdo’a untuk anak
6) Lemah lembut dalam bermuamalah
dengan anak
7) Menjauhi sikap marah
8) Bersikap adil dan tidak pilih kasih
Mohammad
Surya dalam buku Percikan Perjauangan Guru, mengemukakan : “ pada umumnya siswa
sangat mengidamkan gurunya memilki sifat – sifat yang ideal sebagai sumber
keteladanan, bersikap ramah dan penuh kasih sayang, penyabar, mengussai materi
ajar, mampu mengajar dengan suasan menyenangkan dsb.
Maman Faturrohman dalam buku Al-qur’an pendidikan dan
pengajaran. Mengemukakan kondisi ideal pendidik dan pengajar, antara lain :
a)
Telah mendapat
pendidikan atau pengajaran. Seorang pendidik dan pengajar idealnya adalah
seorang yang telah mendapat pendidikan atau pengajaran sebelum menjadi guru.
b)
Benar-benar
menguasai ilmu. Seorang pendidik dan pengajar, idealnya adalah seorang yang
benar-benar menguasai ilmu, khususnya ilmu yang akan disampaikan kepada peserta
didik. Sudah benar-benar menjiwai ilmu tersebut dan kebenaran ilmu teruji,
termasuk oleh orang-orang di sekitar pendidik.
Dari
berbagai pendapat Ilmuwan Islam diatas dapat disimpulkan bahwa untuk menjadi
guru yang teladan harus memiliki beberapa aspek keteladanan agar nantinya anak
didik nya pun dapat mengikuti keteladanan seorang gurunya tentunya keteladanan
yang bernilai positif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar