Senin, 02 Januari 2017

Pentingnya Keterampilan Sosial
Keterampilan sosial merupakan keterampilan seseorang untuk mempertahankan tujuan pribadi yang hendak dicapai dengan hubungan baik dengan orang lain dengan cara yang dapat diterima secara sosial.
Cara menumbuhkan keterampilan sosial meliputi ;
1)  Empati; penuh pengertian, tenggang rasa, dan kepedulian pada sesama
2) Afiliasi dan resolusi konflik; komunikasi dua arah/ hubungan antar pribadi, kerjasama,dan penyelesaian konflik.
3) Mengembangkan kebiasaan positif; tata krama/kesopanan, kemandirian, tanggung jawab
Keterampilan Dasar Siswa diantaranya :
1) Mampu berinteraksi dengan lingkungan sosial.
2) Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan yang diperoleh sesuai dengan kehidupan lingkungan.
3) Mempunyai kepribadian yang bersifat sosial.
      Siswa harus mampu berinteraksi di lingkungan sosial agar dapat menambah pengetahuan sosial ,dalam berbagai kegiatan sehari-hari ,orang biasa bertanya mengenai suatu tujuan.Pertanyaannya adalah untuk memperoleh informasi, misalnya ada orang sedang dalam perjalanan yang menanyakan tempat mengenai lokasi atau arah kemana harus menuju rumah makan yang belum diketahuinya.Namun, untuk informasi yang memiliki tujuan bukan sekedar mengetahui sesuatu fakta atau informasi sederhana diperlukan cara bertanya yang sesuai. Keterampilan bertanya sangat diperlukan oleh banyak orang dalam berbagai bidang pekerjaan, begitupun dengan siswa-siswi Sekolah Dasar , peserta didik harus di bekali bagaimana caranya untuk dapat berinteraksi sosial
Guru yang menggunakan strategi bertanya yang baik kepada murid secara individual ternyata membantu murid membentuk harga diri, menciptakan rasa aman dan memahami identitasnya. Melalui penggunaan pertanyaan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajarnya juga meningkatkan rasa berpikir siswa, mempengaruhi secara positif dalam pencapaian hasil belajar siswa, menjamin rasa percaya diri.
Untuk memeperoleh keterampilan bertanya, siswa harus di latih dengan pertanyaan-pertanyaan yang baik  melalui membuat latihan-latihan pertanyaan baik dalam bentuk tulisan maupun lisan. Dengan demikian peserta didik dapat memperoleh suatu ilmu yang sangat bermanfaat agar dapat bersosialisasi dengan lingkungannya.
Dan setiap pembelajaran baik berupa kalimat tanya atau suruhan yang menuntut tanggapan sehingga siswa dapat memperoleh pengetahuan dan meningkatkan kemampuan berpikir termasuk dalam kelompok guru memberikan pertanyaan. Contohnya; “Siapa Proklamator Indonesia?” (Soekarno-Hatta) Ini adalah kalimat tanya yang meminta siswa mengingat kembali apa yang telah dipelajarinya. Contoh lain: “Jelaskan pendapatmu tentang hutan di Kalimantan dan Sumatera pada tahun 2000 jika kebakaran hutan terus terjadi dan tidak bisa dipadamkan dengan sempurna!” Kalimat ini bukan kalimat tanya melainkan kalimat perintah yang menghendaki siswa mengembangkan kemampuan berpikirnya,
Keterampilan sosial tidak akan berguna jika keterampilan tersebut tidak di gunakan dalam kegiatan pembelajaran dalam bentuk Pelatihan, pelatihan ketrampilan sosial merupakan salah satu teknik modifikasi perilaku yang mulai banyak digunakan, terutama untuk membantu penderita kesulitan bergaul. Teknik ini dapat digunakan sebagai teknik tunggal maupun teknik pelengkap yang digunakan bersama-sama dengan teknik psikoterapi lainnya.
Dengan hal seperti itu akan membantu peserta didik untuk memahami serta mengasah kemampuannya , maka dari itu perlunya guru mengetahui keterampilan dasar-dasar ilmu sosial. dapat mengetahui pentingnya suatu informasi dan keterampilan sosial, agar mampu menyaring informasi yang baik dan benar supaya bermanfaat untuk kedepannya bagi siswa-siswi kelak serta mampu berinteraksi dengan lingkungan sosial dan menambah pengetahuan sosial.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar