Senin, 02 Januari 2017

Kompetensi Pedagogik Apa Saja Yang Harus Dimilki Seorang Guru
Bagi seorang guru professional tentunya sudah tidak  asing bila mendengar apa itu kompetensi pedagogic. Kompetensi pedagogic merupakan salah satu kompetensi yang harus dimlki oleh seorang guru disini ada beberapa kompetensi pedagogic yang harus dimilki oleh seorang guru yaitu :
a.       Menguasai karakteristik peserta didik dan aspek fisik, moral, sosial, cultural, emosional, dan intelektual. Seorang guru harus memahami karakteristik semua peserta didik agar tidak terjadi diskriminasi dan kecemburuan sosial antar peserta didik.
b.      Menguasai teori belajar dan prinsip – prinsip pembelajaran yang mendidik. Seorang guru harus menguasai itu agar pembelajara berjalan secara efektif.
c.       Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran. Materi pembelajaran memang seharusnya disesuaikan denagn kurikulum yang brjalan saat ini.
d.      Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
e.       Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan mata pelajaran. Pemafaatan agar peserta didik juga belajar teknologi infomasi bukan hanya sekedar materi yang dipelajari.
f.       Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Guru harus mengembangkan potensi peserta didik baik itu yang bersifat akademik maupun non akdemik.
g.      Berkomunikasi secara efektif, empatik fan santun dengan peserta didik.
h.      Menyelengggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, agar guru dapat melihat perkembangan peserta didik melalui evaluasi pembelajaran.
i.        Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
j.        Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
           Dari berbagai kompetensi diatas seorang guru seharusnya memiliki kompetensi tersebut. Mengapa ? karena guru profesioanal akan terus belajar bagaimana caranya agar peserta didik yang ia didik akan bisa melebihi dirinya dan terus mengembangkan potensi peserta didik agar bisa menjadi penerus bangsa yang berguna bagi nusa dan bangsa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar