Minggu, 01 Januari 2017


Kenapa SD Seragam Berwarna Merah Putih, SMP Putih Biru Tua dan SMA Putih Abu - Abu
Apakah kalian sudah tahu dan mengerti akan warna seragam tersebut?
Tentu saja warna seragam tersebut bukan hanya untuk membedakan tingkat pendidikan, tapi juga ada maknanya di balik warna tersebut. Kita tahu kalau SD memakai seragam merah, SMP biru tua, dan SMA abu – abu. Perbedaan warna tersebut memiliki makna yang luas. Memang warna ini tidak menjadi mutlak, tapi umumnya sekolah-sekolah negeri memakai warna ini.
SD (Merah Putih)
Menjadi seragam wajib bagi murid sekolah dasar, warna merah putih ternyata memiliki makna lain. Mengambil filosofi dari bendera kebangsaan Indonesia, merah dimaksudkan sebagai lambang keberanian. Sedangkan putih sendiri melambangkan kesucian atau jiwa yang suci dan tercermin pada setiap sosok murid. Mungkin menjadi masa-masa yang paling menyenangkan dalam hidup, dimana saat-saat belajar sambil bermain, ataupun kebanyakannya adalah bermain. Makna dibalik warna putihnya adalah berenergi dan penuh hasrat. Jadi, akan maknanya itu sangat diharapkan agar setiap anak-anak yang baru mencicipi bangku sekolah ini tetap terus berenergi dan berhasrat untuk melanjutkan sekolah dengan benar dan yakin dan juga tetap bersemangat untuk terus menuntut ilmu.
SMP ( Putih Biru )
Berbeda dari seragam SD, seragam SMP mewajibkan muridnya mengenakan bawahan berwarna biru. Warna ini melambangkan kepercayaan serta komunikasi antara murid dan guru serta diantara teman. Diharapkan para murid SMP mampu membaur dengan lingkungan sekitar mereka saat menuntut ilmu. Jadi maksudnya adalah di masa-masa SMP ini sangat diperlukan pertumbuhan kepercayaan diri dan dapat berinteraksi dengan baik dilingkungan sekitarnya baik itu dengan teman-teman, guru, orang tua dan lain-lainnya.
SMA ( Putih Abu – Abu )
Warna abu-abu seyogynya bukanlah warna suram, namun perlambang kedewasaan. Melalui warna tersebut, diharapkan siswa maupun siswi SMA mampu mencapai kedewasaan serta ketenangan. Ketenangan tersebut merujuk pada suasana menuntut ilmu selama mengenakan seragam sekolah. Masa ini adalah yang paling ditunggu-tunggu setiap pelajar, banyak kata orang-orang masa-masa SMA adalah yang paling menyenangkan, memang benar seperti itu. Di tingkat SMA kita akan memakai seragam bewarna putih abu-abu, abu-abu disini bukan berarti menyedihkan ataupun suram, tapi abu-abu disini melambangkan kedewasaan dan ketenangan. Siswa SMA diaanggap sudah dewasa dan dapat menjaga perkataan,perbuatan dan pikirannya. Warna abu-abu ini juga sebagai tanda ketenangan untuk siswa SMA dalam mencapai kedewasaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar