Senin, 02 Januari 2017

Pengaruh Sosial Media terhadap Psikologi Manusia
Di zaman yang semuanya serba cepat ini, membuat kebanyakan orang menjadi gampang stres. Banyak sekali hal yang bisa dilakukan oleh orang supaya bisa menghilangkan stresnya akibat pekerjaannya. Salah satunya dengan membuka media sosial milik pribadi.
Dengan bermain sosial media anda bisa menyalurkan bebagai aspirasi yang ingin anda katakan kepada khalayak luas. Bermain sosial media ternyata memiliki pengaruh terhadap psikologis manusia baik baik ataupun buruk.
1.      Posting-an di Media Sosial Dapat Mempengaruhi Mood seseorang
Emosi bisa menular di media sosial. Anda mungkin pernah mengalami apa yang disebut "penularan emosi" secara pribadi. Posting-an yang berbau negatif atau positif biasanya juga akan mempengaruhi yang membaca. Seolah-olah orang yang membacanya ikut merasakan hal yang sama. Ketika kita melihat sesuatu yang bernilai negative di sosial media sebaiknya langsung beralih melihat postingan yang positif seperti melihat video atau gambar – gambar lucu sampai mood nya berkurang.
2.       Media Sosial Dapat Menimbulkan Sifat Iri Hati 
Sifat iri hati ini biasanya timbul karena seseorang iri ingin seperti orang yang mereka lihat. Kita ambil contoh ketika seseorang melihat foto temannya atau orang lain yang begitu cantik dengan model yang modis biasanya ini bisa menimbulkan iri hati kepada orang yang melihatnya.
3.       Media Sosial Dapat Menimbulkan Rasa Cemas
Media sosial dapat menyebabkan kecemasan dan depresi pada remaja. Sebanyak 42 persen ibu mengatakan mereka mengalami stres karena bermain media sosial Pinterest, mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan gambar yang terbaik. Survei lain pada tahun yang sama mengungkapkan bahwa hampir 20 persen orang dewasa Amerika percaya Facebook adalah jaringan sosial dengan efek paling negatif bagi suasana hati mereka.
4.      Bagi Sebagian Wanita Bermain Media Sosial Dapat Menghilagkan Stres 
Sebagian wanita dapat menghilangkan stres dengan menggunakan media sosial. Wanita lebih suka mengunggah segala hal yang menurut mereka menarik dan menikmati gambar-gambar yang mereka sukai.
Kelima pengaruh diatas  menunjukan bahwa sosial media miliki pengaruh yang besar terhadap psikologis manusia. Sebagai manusia tentunya kita harus membatasi penggunan media sosial. Dan menggunakannya secara bijaksana demi kesehatan jiwa dan raga. Kita harus dapat membagi waktu antara waktu untuk belajar dan untuk bermain sosial media agar kita tidak keasyikan bermain  dengan sosial media  tanpa melupakan tugas nya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar