Hubungan Guru Dengan
Anak Didik
1. Guru
Guru adalah tenaga
pendidik yang memberikan sejumlah ilmu pengetahuan kepada anaka didik sekolah.
Guru adalah orang yang berpengalaman dalam bidang profesinya. Dengan keilmuan
yang dimilikinya, dia dapat menjadikan anak didik menjadi orang yang cerdas.
Setiap guru mempunyai
kepribadian masing-masing sesuai dengan latar belakang kehidupan sebelum mereka
menjadi guru. Kepribadian guru diakui sebagai aspek yang tidak bisa
dikesampingkan dari kerangka keberhasil belajar mengajar untuk mengantarkan
anak didik menjadi orang yang berilmu pengetahuan dan berkepribadian. Dari
kepribadian itulah mempengaruhi pola kepemimpinan yang guru perlihatkan ketika
melaksanakan tugas mengajar di kelas.
Latar belakang
pendidikan dan pengalaman mengajar adalah dua aspek yang mempengaruhi
kompetensi seorang guru di bidang pendidikan dan pengajaran. Guru pemula dengan
latar belakang pendidikan keguruan lebih mudah menyesuaikan diri dengan
lingkungan sekolah. Karena dia sudah dibekali dengan seperangkat teori sebagai
pendukung pengabdiannya.
2. Anak
Didik
Anak didik adalah orang
yang dengan sengaja datang ke sekolah. Orangtuanyalah yang memasukannya untuk
didik agar menjadi orang yang berilmu pengetahuan dikemudian hari. Kepercayaan
orang tua
anak diterima oleh guru dengan kesadaran dan pewnuh keikhlasan. Maka jadilah
guru sebagai pengemban tanggung jawab yang diserahkan itu.
Tanggung jawab guru
tidak hanya terdapat seorang anak, tetapi dalam jumlah yang cukup banyak. Anak
yang dalam jumlah cukup banyak itu tentu saja dari latar belakang kehidupan
sosial keluarga dan masyarakat yang berlainan. Karenanya, anak-anak berkumpul
di sekolah pun mempunyai karakteristik yang bermacam-macam.
Daya serap anak
bermacam-macam untuk dapat menguasai setiap bahan pelajaran yang diberikan oleh
guru. Karena itu, dikenallah tingkat keberhasilan yang maksimal (istimewa),
optimal (baik sekali), minimal (baik), dan kurang untuk setiap bahan yang
dikuasai oleh anak didik.
Dengan demikian, dapat
diyakini bahwa anak didik adalah unsur manusiawi yang mempengaruhi kegiatan
belajar mengajar berikut hasil dari kegiatan itu, yaitu keberhasilan belajar
mengajar.
Keterkaitan
antara guru dan Anak didik sangatlah penting karena guru bukan hanya skedar
mengajar tetapi juga memiliki tanggung jawab untuk mendidik anak agar memiliki
moral dan akhlak yang baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar