Senin, 02 Januari 2017


PSIKOLOGI PERKEMBANGAN
            Berbicara  Psikologi perkembangan yang merupakan cabang dar psikologi adalah memepelajarai secara sistematis perkembangan perilaku manusia secara ontogenik, yaitu mempelajari proses – proses yang mendasari perubahan – perubahan yang terjadi dalam diri, baik perubahan dalam sturuktur jasmani, perilaku, majpun fungsi mental manusia sepanjang rentang hidupnya (life span), yang biasanya dimulai sejak konsepsi hingga menjelang mati ( Desmita, 2007 : 3).
            Setiap Organisme baik manusia maupun hewan, pasti mengalami peristiwa perkembangan selama hidupnya. Perkembangan ini meliputi seluruh bagian dengan keadaan yang dimiliki oleh organisme tersebut, baik yang bersifat konkret maupun bersifat abstrak. Jadi, arti peristiwa perkembangan itu, khususnya perkembangan manusia tidak hanya tertuju pada aspek psikologis saja, tetapi juga aspek biologis, perkembanagan anak.
Psikologi merupakan  suaru disiplin ilmu yang sangat besar manfaatnya bagi kehidupan manusia. Psikologi menempatkan manusia sebagi objek kajiannya. Manusia sendiri sebagai makhluk individu da juga makhluk sosial. Menyadari hal tersebut yang menjadi objek kajiannya secara jelas adalah manusia serta aktifitas – aktifitas menatlnay dalam interaksi denagn lingkungannya.
Psikologi perkembangan adalah cabang dari psikologi yang membahas tentang arah atau tahapan kemajuan dari perilaku yang mempertimbngkan phylogenetik dan ontogenetic., termasuk semua fase pertumbuhan dan penurunan. Jadi, psikologi perkembangan merupakan cbang dari psikologi yang mempelajari proses  perkembnagan individu, baik sebelum maupun setelah kelahiran, berikut kematangan perilaku.selain itu, psikologi perkembanagan merupaka cabagng psikologi yang memepelajari perubahan tingkah laku dan kemampuan sepanjang psoses perkembangan individu dari mulai masa konsepsi sampai mati.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar