Senin, 02 Januari 2017

Peran Seorang Kakak
Akhir-akhir ini banyak kasus di media massa tentang kriminalitas seperti minum minuman keras, memakai narkoba, perkelahian antar pelajar dan lain-lain. Yang lebih mencengangkan lagi tindakan tersebut dilakukan oleh anak-anak yang masih di bawah umur, umumnya anak-anak Sekolah Menengah Atas (SMA) yang masih labil emosinya. Bagi Anda yang sudah dewasa dan mempunyai adik yang masih remaja, pasti tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada adik-adik Anda. Kita sebagai anak yang lebih tua diberi kewajiban oleh orang tua untuk menjaga dan melindungi agar adik-adik yang kita cintai agar terhindar dari tindakan-tindakan negatif. Nah ada beberapa tips yang dapat kita lakukan :
1. Sering berkomunikasi
Komunikasi adalah faktor penting untuk menjalin kedekatan emosional terhadap adik Anda. Dengan sering berkomunikasi Anda akan mengetahui karakter adik Anda seperti apa. Pasti dia akan menceritakan segala hal yang dilakukan di sekolah ataupun di lingkungan luar sekolah kepada Anda. Peran Anda sebagai kakak untuk memberitahu tentang hal-hal buruk dan baik kepada adik Anda agar dia tidak terjerumus ke dalam perilaku negatif.
2. Membantu mengerjakan tugas sekolah
Sebagai seorang kakak jangan sampai acuh atau cuek kepada adik. Saat adik meminta tolong untuk membantu mengerjakan tugas sekolahnya, maka hentikan dulu kesibukan Anda dan bergegaslah untuk membantunya. Lakukan hal ini dengan ikhlas, maka adik Anda akan senang mengerjakannya.
3. Ajaklah bermain bersama
Terkadang saat hari libur Anda sibuk dengan dunia Anda sendiri seperti pergi bersama pacar atau nongkrong bersama teman-teman. Sesekali waktu ajaklah adik Anda pergi keluar bersama seperti pergi ke taman, tempat wisata ataupun ke pusat perbelanjaan. Ini Akan membuat rasa harmonis terjalin Anda dengan adik.
4. Jangan berbuat negatif di depan adik Anda
Karena seorang kakak adalah panutan, setiap hal yang biasa Anda lakukan akan mudah diingat oleh adik Anda dan akan ditiru. Jangan sekali-sekali berbuat negatif di depan adik Anda seperti merokok. Jika Anda seorang perokok aktif dan susah untuk menghentikan kebiasaan tersebut, maka jangan sampai merokok di lingkungan rumah.
5. Ajari kebiasaan positif
Berikan contoh positif pada adik Anda seperti kebiasaan sehari-hari saat bangun tidur langsung membersihkan kamar, saat selesai makan atau minum mencucinya, saat mempunyai pakaian kotor mencuci pakaian sendiri dan melihat hal-hal kotor di rumah langsung bergegas membersihkannya. Ini akan membuat karakter mandiri dan tidak manja dan juga meringankan pekerjaan orang tua di rumah.
6. Jauhkan dari teman-teman nakal
Remaja adalah masa mencari jati diri dan kecenderungan masih labil. Banyak anak remaja yang tidak pintar memilih teman dan dapat mencelakakan dirinya sendiri. Maka Anda sebagai kakak harus lebih melindungi adik Anda harus bergaul dengan siapa. Anjurkan untuk berteman seumuran lebih baik lagi jika teman-teman sekolahnya, jangan sampai berteman dengan orang yang lebih tua. Biasanya berteman dengan orang yang lebih tua memiliki pemikiran yang berbeda dan adik Anda yang masih remaja sulit untuk mencerna pemikiran tersebut.
7. Memberikan hadiah atau ucapan selamat
Berikan hadiah atau mengucapkan selamat saat adik Anda sukses melakukan sesuatu, seperti halnya menjadi juara kelas atau memenangkan suatu perlombaan. Ini akan membuat dia lebih bangga karena Anda telah menghargai jerih payah adik Anda dalam menyelesaikan sesuatu.
Memiliki adik perempuan, apalagi yang sudah memasuki usia puber adalah kesenangan tersendiri bagi seorang kakak, baik kakak perempuan maupun laki-laki. Begitu pula dengan kakak laki-laki, memiliki adik perempuan membuat kamu semakin dewasa dalam menghadapi adik yang notabene harus kamu jaga sebaik-baiknya karena dia sangatlah berharga. Apalagi kalau adikmu cantik alias banyak yang ngejar, kamu harus lebih ekstra protektif untuk melindungi adik kesayanganmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar