Bagaimana
Pola Umum Kegiatan Pembelajaran
Pola
umum kegiatan pengajaran adalah terjadinya interaksi antara guru dengan anak
didik dengan bahan sebagai perantaranya. Guru yang mengajar, anak didik yang
belajar. Maka guru adalah orang yang menciptakan lingkungan belajar bagi
kepentingan belajar anak didik. Anak didik adalah orang yang digiring ke dalam
lingkungan belajar yang telah diciptakan oleh guru. Gaya mengajar guru berubah
mempengaruhi gaya belajar anak didik. Tetapi disini gaya mengajar guru lebih dominan
mempengaruhi gaya belajar anak didik. Gaya-gaya mengajar, menurut Muhammad Ali
dapat dibedakan ke dalam empat macam, yaitu gaya mengajar klasik, gaya mengajar teknologis, gaya mengajar
personalisasi, dan gaya mengajar interaksional.
Strategi
penggunaan metode mengajar amat menentukan kualitas hasil belajar mengajar.
Hasil pengajaran yang dihasilkan dari pengunaan metode ceramah tidak sama
dengan hasil pengajaran yang dihasilkan dari penggunaan metode tanya jawab atau
metode diskusi. Demikian juga halnya dengan hasil pengajaran yang dihasilkan
dari penggunaan metode problem sloving berbeda dengan hasil pengajaran yang
dihasilkan dari penggunaan metode resitasi. Dengan demikian, kegiatan
pengajaran yang dilakukan oleh guru mempengaruhi keberhasilan belajar mengajar.
Guru
harus bisa mempersiapkan segala sesuatu nya sebelum pembelajaran berlangsung
karena ini sangat mempengaruhi keberhasilan belajar mengajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar