Selasa, 03 Januari 2017

Karakteristik Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar


Karakteristik  Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar
Usia saat masuk sekolah adalah 6 tahun dan selesai pada usia 12 tahun. Seorang guru profesional harus dapat menerapkan metode pengajaran yang sesuai dengan keadaan siswanya, sangat penting bagi seorang pendidik mengetahui perkembangan psikologi siswanya. Selain perkembangan psikologi, perlu diperhatikan juga adalah kebutuhan peserta didik, pemahaman terhadap perkembangan psikologi peserta didik dan tuga-tugas perkembangannya.
Dalam Kamus Bahasa Indonesia karangan Poerwadarminta dikatakan bahwa karakter adalah watak, tabiat atau sifat-sifat kejiwaan. Menurut IR Pedjawijatna, karakter atau watak adalah seluruh aku yang ternyata dalam tindakannya (insani). Dapat dikatakan bahwa karakteristik siswa adalah merupakan seluruh kondisi/keadaan watak yang nyata dan timbul dalam suatu tindakan siswa dalam kehidupannya setiap saat dalam kehidupan sehari-hari.
Ada beberapa karakteristik anak di usia sekolah dasar yang perlu diketahui para guru. Adapun karakteristik dan kebutuhan peserta didik adalah sebagai berikut.
1.      Senang bermain
2.      Senang bergerak
3.      Anak senang bekerja dalam kelompok
4.      Senang merasakan atau melakukan, memperagakan sesuatu secara langsung
5.      Anak suka cengeng
6.      Anak sulit memahami isi pembicaraan orang lain
7.      Senang diperhatikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar